Selasa, 24 Mei 2011

KRI & KRCI 2011





Aloha. Mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui apa itu KRI & KRCI 2011. Let me tell you, guys. KRI merupakan singkatan dari Kontes Robot Indonesia, sedangkan KRCI adalah singkatan dari Kontes Robot Cerdas Indonesia. Ini pertama kalinya saya menjadi MC di acara kompetisi robot. Pertama kali ditawarkan, saya agak bingung untuk menerima atau tidak. Kenapa? Karena dunia robotik adalah hal yang diluar jangkauan saya. Terpikir untuk datang dan menyaksikan hal-hal yang berbau dengan robot saja tidak pernah. Saya memang mahasiswi IT, tetapi entah kenapa saya tidak memiliki ketertarikan tentang dunia robotik itu. Tapi, keputusan saya untuk menerima membawakan acara KRI & KRCI 2011 merubah semua pandangan saya tentang dunia robotika.
Menjadi MC memang sudah menjadi pekerjaan sampingan saya semenjak menginjak bangku perkuliahan. Tepatnya setelah saya lulus dari salah satu sekolah Broadcast ternama di Kota Bandung. Menyenangkan dapat membaur bersama para penikmat acara. Tepukan tangan yang meriah, senyum hangat melempar tawa, serta ucapan selamat atas keberhasilan membawakan suatu acara menjadi penghargaan tertinggi bagi saya.
H-1 sebelum acara diselenggarakan, tentu saja semua pengisi acara diwajibkan untuk melakukan checksound di venue. Tidak terkecuali saya dan 3 MC pendamping lainnya. Saya tidak sendiri menjadi opening MC, melainkan bersama adik tingkat sekaligus sahabat saya, Coki. Jam demi jam berlalu. Kami menunggu giliran mulai dari siang hari dan sampai sore hari daaaaaan sampai malam hari. Fufufu... In fact, saya mulai gladiresik sekitar jam 9 malam. What a waiting moment! Banyak hal-hal yang tidak penting saya dan Coki lakukan ketika menunggu gladiresik. Mulai dari foto-foto bergaya cantik sampai akhirnya kehabisan gaya. Lalu apa yang dilakukan? Tentu saja masih foto-foto, tetapi dengan absurd pose. Hanya untuk membuang waktu.
Menerima pekerjaan ini membuat pemikiran serta pandangan saya terbuka tentang dunia robotika. Saya dituntut untuk belajar mengerti mengenai istilah-istilah robotik hanya dalam hitungan jam. Saya dituntut untuk memahami tiap venue yang ada di area kompetisi. Tapi, sungguh tidak menyesalkan karena ternyata dunia robotika itu sangat amat menarik. Saya amaze dengan kemampuan mahasiswa-mahasiswi peserta KRI & KRCI yang berasal dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Begitu hebatnya mereka karena berhasil membuat robot yang saya dan kami semua panitia yakin akan dapat diimplementasikan secara maksimal penggunaannya. Apalagi banyak yang memprediksikan bahwa beberapa tahun ke depan, robot akan menjadi teman baru bagi manusia. Bahkan, beberapa peserta dari kampus-kampus teknologi ternama di Indonesia berhasil meraih emas untuk kontes robotik se-dunia. Hebaaaaaatttt!! Mungkin untuk kali ini saya cukup menjadi MC saja di acara kompetisi robotik, tapi next time? Who knows? :)



♥dinadinc

2 komentar:

Aziz mengatakan...

ehehe Keren Ka.. Regional II yang menang siapa ? tau ngga ka ? Sukses terus ka

sigit hermawan mengatakan...

keren banget..